Awan Ala ‘Paddle Pop’ di Teluk Cempedak



WARGA di sekitar kawasan Teluk Cempedak, Kuantan, dihebohkan dengan adanya penampakan fenomena pembentukan pelangi luar biasa ala 'Paddle Pop' yang dikenal sebagai fenomena Pelangi Api.Penduduk yang sempat menyaksikan kejadian awan berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu itu tidak melepaskan kesempatan tersebut dengan merekam gambar dan mengunggahnya ke situs sosial.

Video yang diunggah di situs MyNewsHub, kejadian itu direkam sekitar jam 4.30 petang dekat sebuah pusat perbelanjaan di kawasan tersebut.

Diketahui, kejadian awan yang sangat indah itu terbentuk secara kebetulan ketika cahaya pembiasan matahari bertabrakan dengan kritsal air dari awan sirus yang berada di atmosfer.

Pembiasan cahaya tersebut akan menghasilkan warna pelangi yang cantik. Hal itu sama seperti proses pantulan warna yang dihasilkan melalui bongkahan spektrum.

"Ini terjadi ketika awan komulus menguap kelembaban udara ke lapisan yang lebih tinggi di atmosfer, menyebabkan ia membeku lalu terbentuknya awan pileus.

"Awani pileus yang mengembun ini kemudian menghasilkan tetesan air dengan serentak menyebabkan sinar matahari yang melaluinya memantulkan tujuh jenis warna," katanya ahli optik, Dr. Les Cowley.

Sementara itu situs Facebook Badan Sekitaran Nasional Singapura (NEA) pada April lalu mengatakan fenomena pelangi api itu juga dikenal sebagai busur lingkar melintang.

"Ini sebenarnya halo-halo es terbentuk hasil pembiasan cahaya matahari (atau ada kalanya cahaya bulan) di kristal es berbentuk seperti piring yang tergantung di atmosfer," jelas NEA.

Simak videonya di bawah ini:


Fenomena Aneh di Langit Polewali
Sebuah video yang diunggah di jejaring sosial Facebook oleh akun Rasma Wati menjadi viral.

Video itu memperlihatkan fenomena aneh yang terjadi di langit Polewali.

Di awal video tersebut ada tampak seperti ombak yang sangat besar, namun, setelah dilihat lebih jelas warna hitam dan abu-abu tersebut semakin menyebar.

Awan berwarna hitam dan abu-abu tersebut semakin lama semakin menyebar ke mana-mana. Disertai agin kencang dan hujan ini, awan ini bagaikan ombak yang sangat besar.




Video yang dibagikan pada 30 November 2017, pukul 11.27 waktu setempat, telah ditayangkan sebanyak 15 ribu tayangan dan dibagikan lebih dari 281 kali dengan 21 komentar.

Dalam komentar kebanyakan berpendapat ini adalah fenomema alam dan merupakan kebesaran yang maha kuasa.

Rasma Wati Iya say....kuasa tuhan' allahhu akbar
Kurnia Sardy Arjuna Allahuakbar maha suci allah kekuasaanmu sungguh tiada duax
Rompayya di poliwali itu kejadiannya pas sya lewat tdik
Azhok Pallawalippu Ini namanya tsunami awan dulu d beaufort sabah malaysia jg pernah terjadi
Ipank Nadya Kodong kampungku ,, jadi viralki lagi. Mudah2an NDA trjadiji apa2 .
Aamiin ya ALLAH.
MISS U POLEWALI

Kadri Pernah juga begini paska masih sd kelas 5 lebih seram dia awannya karna dekat skali di kepalata diliat baru terbentuk skali juga kayak tsunami fenomena alam ji ini karna tiupan angin yg kencng

Azmil Azis Kayak naga raksasa...
loading...

0 Response to "Awan Ala ‘Paddle Pop’ di Teluk Cempedak"

Posting Komentar