Ini Dia 7 Manfaat Biji Semangka Yang Jarang Kita Ketahui








 Semangka? Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Ya, buahnya yang segar dan banyak mengandung air ini biasanya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan penutup / desert. Kandungan zat yang terdapat dalam buah semangka menjadikan buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, siapa yang mengira, dibalik kesegaran buah ini ternyata bijinya juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita? Bahkan tak jarang ketika kita mengkonsumsi buah ini, justru akan membuang bijinya.

Biji semangka sarat dengan berbagai nutrisi seperti asam lemak, mineral, protein, dan kalori. Selain itu, biji semangka juga dilengkapi dengan vitamin B termasuk niasin, riboflavin, thiamin, asam panthothenic, dan folat. Mineral yang ada didalamnya seperti magnesium, fosfor, mangan, seng, kalium, besi, dan tembaga. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya juga baik untuk pencernaan. Asam amino Esensial yang terdapat didalamnya termasuk glutamate, lisin, arginine, dan lain-lain. Lisin sangat membantu dalam pembentukan jaringan ikat dan kolagen, serta penyerapan kalsium dalam tubuh.

Banyaknya nutrisi dalam biji semangka dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita simak.

1.Menyehatkan jantung
Asam amino yang terdapat pada biji semangka dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan dapat mengobati penyakit jantung coroner.
2.Dapat mengontrol tekanan darah
Tak hanya menyehatkan jantung, kandungan magnesium yang terdapat pada biji semangka juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah sehingga resiko hipertensi dapat diminimalisir.

3.Dapat mengontrol diabetes

Kandungan magnesium dan serat yang tinggi pada biji semangka juga sangat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar glukosa dalam darah
4.Dapat meningkatkan kesuburan

Kandungan lycopene dan vitamin lainnya dalam biji semangka ternyata dapat bermanfaat untuk membantu menyuburkan organ reproduksi pria.
5.Dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang ada pada biji semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menyehatkan kulit.
6.Membantu mengatasi batu ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penyaring urea dan kotoran lainnya dari darah untuk dikeluarkan sebagai urin. Salah satu penyakit yang menyerang pada organ ginjal adalah batu ginjal. Senyawa likopen yang terdapat pada biji semangka ternyata dapat bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal.
7.Membantu melawan sel kanker

Likopen dalam biji semangka selain bermanfaat utnuk mengatasi batu ginjal ternyata juga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan likopen juga bersifat antikanker.


Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat biji semangka untuk kesehtan tubuh kan? Jadi, jika kita suka mengkonsumsi buah semangka, perhatikan juga bijinya untuk dikonsumsi ya, semoga bermanfaat.sumber zoneinformasi.net
loading...

0 Response to "Ini Dia 7 Manfaat Biji Semangka Yang Jarang Kita Ketahui"

Posting Komentar